Cara Mempercepat Startup Windows 7

Cara Mempercepat Startup Windows 7


Cara Mempercepat Startup Windows 7- Startup yang secepat kilat merupakan dambaan bagi semua pengguna komputer.Namun semakin lama kita mengoperasikan komputer maka kinerja komputer akan semakin menurun terutama pada saat proses Startup .Pada Post kali ini saya akan membahas bagaimana mengoptimalkan Startup pada komputer/laptop windows 7 sehingga hanya
memerlukan waktu singkat dan tidak berlama-lama menunggu proses ini.Ada banyak faktor yang menyebabkan lamanya proses Stratup ini mulai dari kinerja CPU dan banyaknya aplikasi-aplikasi yang terinstal dikomputer anda yang disetting Launch on Startup yang berarti mengharuskan program tersebut otomatis terbuka saat komputer dihidupkan dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk me-load semua aplikasi- aplikasi tersebut sehingga membuat komputer anda semakin lambat.

Berikut ini akan membahas secara lengkap tentang optimisasi booting pada windows 7:

Mematikan Startup Program yang tidak diperlukan.

1.Langkah pertama adalah membuka jendela run dengan cara menekan tombol "Windows + R" pada keyboard anda lalu ketik "msconfig" lalu tekan Enter atau klik Ok.

Cara Mempercepat Startup Windows 7


2.Lalu muncul jendela System Configuration,klik tab Startup.lalu klik Disable all atau anda bisa mematikan progam yang diinginkan dengan mencentangnya.lalu klik Apply.

Mempercepat Startup Windows 7

Note : Pada Tab Startup ini menampilkan daftar program yang akan dibuka secara otomatis ketika Windows dijalankan (saat komputer dihidupkan dan masuk ke sistem windows).Pada gambar diatas saya mematikan semua program kecuali antivirus.

3.Lalu klik pada tab Services,centang pada Hide all Microsoft services lalu matikan services program yang dianggap tidak perlu misalnya Adobe Acrobat dll >Lalu klik Apply.

Cara Mempercepat Startup Windows 7

Menonaktifkan Boot Screen.


1.Masih dalam msconfig klik tab Boot.Lalu pada Boot options centang pada No GUI boot hal ini dapat mempercepat proses startup hampir seperempatnya dari pengaturan standar dengan mematikan animasi startup.



Cara Mempercepat Startup Windows 7

2.Jika  anda yang memakai sistem dual boot atau dua sistem operasi, dapat mengatur waktu tunggu (timeout) yang pada defaultnya 30 detik menjadi lebih singkat dengan cara di bagian boot options ubah nilai pengaturan Timeout dalam satuan detik sesuai dengan selera anda, waktu minimalnya 3 detik>lalu klik Apply


Tambahan:
Cara Mempercepat Startup Windows 7

Masuk ke Avanced options

>Centang Number of processors: pilih angka yang besar.
>Centang Maximum memory,kemudian klik Ok.


Mendefrag Hard Disk Secara Berkala

Mendefrag Hardisk dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena proses defrag merapikan dan menata susunan file dalam hardisk kita.Mengapa komputer harus di defrag ? Komputer harus di defrag karena proses manipulasi data yang terjadi pada hard disk biasanya karena kita sering melakukan hal seperti  (install/uninstall program, delete file, move file, copy file,).Setidaknya  mendefrag hardisk dilakukan minimal 1-3 bulan sekali akan tetapi hal itu juga tergantung dari cara pengoprasian komputer kita.

Demikian post tentang Cara Mempercepat Startup Windows 7.Semoga artikel ini bermanfaat.


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
ardi purnama
admin
16 August 2014 at 15:48 ×

keren bro...semoga semakin maju aja...kunbal dari
http://volimaniak.blogspot.com/

Reply
avatar

Pengunjung yang baik selalu Meninggalkan Komentar ^^ ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment