Struktur Dan Contoh Cerita Ulang


Struktur Dan Contoh Cerita Ulang

Struktur Dan Contoh Cerita Ulang - Cerita Ulang adalah salah satu dari jenis teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman-pengalaman pada masa lampau.Di dalam cerita ulang tidak terdapat komplikasi seperti halnya di dalam teks narasi.Tujuan cerita ulang adalah untuk melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang pernah dilakukan
tanpa ada konflik di dalam cerita tersebut.

Ciri Kebahasaan Cerita Ulang
Teks cerita ulang memiliki ciri-ciri kebahasaan yang tertentu.Ciri-ciri kebahasaan yang dimaksud adalah sebagai berikut :
  • Menggunakan kata yang menunjukkan keterangan waktu.Misalkan pada hari, kemarin, beberapa hari yang lalu, dll.
  • Menggunakan konjungtor yang menyatakan waktu untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.Misalnya lalu, selanjutnya, kemudian, sesudah itu, dll.
  • Menggunakan kata/frasa keterangan untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara.Misalkan seminggu yang lalu, di rumah paman, dll.
  • Menggunakan kata/frasa kerja untuk mengungkapkan perbuatan tokoh dalam kejadian yang diceritakan.Misalkan membeli, menikmati, menggunakan, dll


Perhatikan contoh cerita ulang berikut!

WISATA KE BALI

      Ada benyak tempat yang telah dikunjungi oleh teman saya ketika wisata di Bali.Teman saya menginap di Kuta.Ia menghabiskan tiga hari pertama dengan berenang dan berselancar di Pantai Kuta.Ia mengunjungi dua tempat wisata berikutnya.Yang pertama adalah ke Singaraja, yang kedua adalah ke Ubud.
      Teman saya dan rombongannya melaju melalui pegunungan.Singaraja adalah kota berpenduduk sekitar 90 ribu orang.Ini adalah sebuah kota yang sibuk tetapi tenang.Jalan dipenuhi dengan pohon dan ada banyak rumah-rumah tua Belanda.Mereka kembali ke Kuta pada malam hari.
      Wisata kedua yaitu ke Ubud.Ubud adalah objek wisata yang sangat berbeda.Disini tidak untuk melihat pemandangan tetapi untuk melihat seni dan kerajinan.Pemberhentian pertama adalah di Batubulan, pusat patung batu.Teman saya menyaksikan remaja-remaja membuat kerajinan patung batu.Perhentian berikutnya adalah Celuk, pusat kerajinan perak dan emas putih.Rasanya, wisata ke Bali adalah momen paling menyenangkan bagi kami.

Cerita ulang di atas memiliki struktur terdiri atas tiga bagian dengan ciri-ciri sebagai berikut.
  • Orientasi (Orientation)
Orientasi atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau seperti tertulis pada paragraf pertama di atas.
  • Kejadian (Events)
Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti "Pada hari pertama, saya ... .Pada hari berikutnya, ... .Dan hari terakhir, ...".
Pada bagian kejadian ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
  • Reorientasi (Reorientation)
Pada bagian Reorientasi, terdapat pengulangan pengenalan yang ada pada Orientasi, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan seperti tercantum pada paragraf ketiga.

Sekian postingan saya tentang Struktur Dan Contoh Cerita Ulang.Semoga Bermanfaat.

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar

Pengunjung yang baik selalu Meninggalkan Komentar ^^ ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment